Tech NewsRoom

Senin, 05 November 2012

Tahun 2012, Loyalitas Pengguna iPhone Turun untuk Pertama Kalinya



Sejak Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama pada tahun 2007, pengguna iPhone selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun, pada saat pucuk pimpinan beralih ke tangan Tim Cook, fenomena tersebut tak terjadi. Paling tidak hal ini terlihat dalam survei yang dilakukan oleh Strategy Analytics Wireless Device Lab.
Dalam laporan berjudul “iPhone Owner Loyalty Declines: Is Apple Losing its Innovation Edge?” tersebut, Strategy Analytics menyebutkan adanya penurunan tingkat loyalitas pengguna iPhone. Mereka menyebutkan terdapat penurunan sebesar 13 persen dibandingkan dengan tahun lalu.
Penurunan tersebut secara spesifik terjadi di kawasan Eropa bagian barat. Di kawasan tersebut, sebanyak 75 persen pengguna iPhone menginginkan untuk membeli sebuah iPhone baru. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai prosentase 88 persen.
Fenomena serupa juga dilaporkan terjadi oleh lembaga penelitian Metrics di kawasan Amerika Serikat. Meskipun begitu, tingkat penurunan di negeri Paman Sam tersebut tidak sebesar di kawasan Eropa Barat. Di sini terjadi penurunan dari 93 persen pada 2011 menjadi 88 persen pada tahun ini.
Menanggapi turunnya tingkat loyalitas tersebut, CEO Apple, Tim Cook pun telah melakukan langkah antisipasi. Salah satunya adalah dengan memecat dua tokoh sentral yang bertanggung jawab terhadap permasalahan tersebut. Salah satunya adalah Scott Forstall yang menjabat sebagai senior vice president iOS Software.

0 komentar:

Posting Komentar


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms