Tech NewsRoom

Sabtu, 23 Februari 2013

NVIDIA GeForce GTX TITAN Sebagai GPU Tercepat Di Dunia Saat Ini

Superkomputer Titan Oak Ridge National Laboratory saat ini berada di posisi nomor 1 dalam daftar superkomputer TOP500 di dunia
Sejatinya superkomputer Titan ini mengemas 18.688 akselerator GPU NVIDIA Tesla K20. Dan kini NVIDIA membawa kekuatan superkomputer Titan tersebut ke pasaran konsumen yang dikenal sebagai GeForce GTX TITAN, yang merupakan salah satu GPU tercepat di dunia dan dibangun dengan arsitektur Kepler yang sama.
Berbanding terbalik dengan analisis yang ditunjukkan Verge baru-baru ini, yang sempat meragukan pengukuhan GeForce GTX TITAN sebagai salah satu GPU yang tercepat di dunia. Pasalnya GeForce GTX TITAN sendiri saat ini mengemas 2.688 core CUDA yang berjalan pada clock 846Mhz, sedangkan NVIDIA GeForce GTX 690 justru memiliki 3.072 core pada clock 915MHz dengan menggabungkan dua GPU.
Walaupun begitu,  GeForce GTX TITAN juga telah dibekali oleh keberadaan memori video yang lebih banyak dan RAM GDDR5 sebesar 6GB. Dan untuk  daya pemrosesan, GeForce GTX TITAN ini juga telah menyediakan 4,5 teraflops presisi tunggal dan 1,3 teraflops presisi ganda dan mendukung teknologi GPU Boost 2.0 untuk secara otomatis meningkatkan kinerja grafis yang ada. Belum lagi, kartu grafis ini juga memiliki chassis aluminium dan uap ruang pendinginan berefisiensi tinggi.
Terkait hal itu, NVIDIA juga menegaskan bahwa GeForce GTX TITAN besutannya kali ini dapat dikombinasikan dalam modus 3-way SLI untuk performa terbaik dalam permainan game. GeForce GTX TITAN ini juga menggunakan slot PCI Express 3.0 dan menawarkan sebuah Dual-link DVI-I, sebuah Dual-link DVI-D, sebuah HDMI, dan sebuah konektor DisplayPort dengan dukungan resolusi digital maksimum 4096×2160 piksel dan output ke empat monitor sekaligus. OpenGL 4.3, 3D Vision, CUDA, DirectX 11, PhysX, TXAA, Adaptive VSync, FXAA, 3D Vision adalah beberapa fitur yang juga mendukung kartu grafis ini.
NVIDIA GeForce GTX TITAN ini dijadwalkan akan tersedia di pasaran mulai tanggal 25 Februari 2013 mendatang. Harga per unit yang ditawarkannya pun dibanderol sebesar 999 USD  atau setara 9,69 juta rupiah.

0 komentar:

Posting Komentar


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms